800x6001024x768Auto Width
Pekerja Migas Dukung Pertamina Pemegang Kedaulatan
User Rating: / 0
PoorBest 
Written by Sinar Harapan News   
Rabu, 21 November 2012

ImagePertamina tidak pernah menjadi regulator.

PEKANBARU - Pekerja migas Indonesia mendukung sepenuhnya PT Pertamina sebagai pemegang kedaulatan migas di Tanah Air dalam rangka membangun ketahanan nasoional.

"Kami mendukung penuh bila Pertamina sebagai pemegang kedaulatan migas," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Migas Indonesia (KSPMI), Faisal Yusra, dihubungi dari Pekanbaru, Rabu (21/11).

Dia mengatakan bahwa penyerahan pengelolaan Migas kepada Pertamina sudah menjadi tekad para pekerja migas sejak lama demi untuk ketahanan nasional.

Hal itu ditandai dengan adanya Petisi Plaju dan Deklarasi Balikpapan yang ditandatangani oleh perwakilan pekerja Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) perusahaan asing dan Nasional.

Namun pihak KSPMI mencela pernyataan banyak pihak bahwa Pertamina sebelum adanya UU No.22 Tahun 2001 tentang Migas adalah sebagai regulator dan operator.

Dia menambahkan, sejatinya Pertamina tidak pernah menjadi regulator karena semua aturan strategis berada di tangan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Presiden KSPMI itu mengatakan, regulasi tentang pengelolaan Kontrak Production Sharing (KPS) ketika itu hanya untuk aturan operasional saja.

Menurut dia, diserahkannya pengelolaan migas ke Pertamina dan perusahaan asing atau nasional lainnya menjadi mitra Pertamina untuk mengelola bagian pekerjaan tertentu dalam "supply chain" migas dan regulator di tangan Kementerian ESDM.

Walau begitu, kedaulatan migas itu sangat penting demi ketahanan nasional, demikian Faisal Yusra.

Komentar
Add NewSearch
Tulis Komentar
Nama:
Topik:
Security Image
{_CAPTCHATXT_AGE}

Powered by JoomlaCommentCopyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved.Homepage: http://cavo.co.nr/

 
< Prev   Next >